Kriteria 7. Penelitian

7.1 Kebijakan

  1. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 84);
  2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
  3. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
  6. Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Syekh Nurjati Cirebon;
  7. Peraturan Menteri Agama Nomor 36 Tahun 2014 tentang Statuta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon;
  8. Peraturan Menteri Agama RI No 7 tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  9. Peraturan Menteri Agama Nomor 55 Tahun 2014 tentang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Perguruan Tinggi Keagamaan;
  10. Peraturan Menteri Agama Nomor 36 Tahun 2014 tentang Statuta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon;
  11. Peraturan Menteri Agama Nomor 55 Tahun 2014 tentang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Perguruan Tinggi Keagamaan;
  12. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6994 Tahun 2018 tentang Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) 2018 – 2028;
  13. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6994 Tahun 2018 tentang Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) 2018 – 2028;
  14. Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 32/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019;
  15. Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 69/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2019;
  16. Keputusan Dirjen Pendis No 7322 tentang Petunjuk Teknis Program Bantuan Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran pada PT Islam Tahun 2021
  17. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2952 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan Komite Penilaian dan/atau Reviewer dan Tata Cara Pelaksanaan Penilaian Penelitian pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam; dan
  18. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 702 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOPTN Penelitian pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.
  19. Dokumen Pedoman Penelitian dan PkM IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Roadmap Penelitian dan PkM .

Kendala yang terjadi dalam proses kompetisi hibah akan dievaluasi dan ditindaklanjuti dengan menerbitkan kebijakan baru. Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

7.2 Pelaksanaan 

7.2.1 Peta Jalan dan Kelompok Penelitian

  1. 100% dosen di Prodi Tadris Biologi melaksanakan penelitian dan pengabdian dengan berkolaborasi bersama mahasiswa. Penelitian dan pengabdian dilaksanakan dengan mengacu pada peta jalan penelitian dan pengabdian Roadmap IAIN dan Prodi.
  2. Peta jalan penelitian dan pengabdian lembaga mengacu pada Kementerian Agama berupa Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN) 2018-2028
  3. Penelitian pada DTPS dapat melalui litapdimas kemenag serta mendapatkan pembiayaan baik dari Diktis Kemenag maupun dari DIPA IAIN Syekh Nurjati.
  4. Kegiatan penelitian dengan pendanaan dari DIPA IAIN atau Pendis disosialisasikan melalui Litapdimas kemenag dan ditindaklanjuti Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M  melalui kegiatan sosialisasi dan dapat diakses di  Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M. Penilaian Proposal  direview oleh Reviewer, diseminarkan dan diSKkan oleh Rektor . Luaran penelitian berupa HAKINaskah akademik dan artikel terpublikasi.

7.2.2 Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian

No Tahun Akademik Judul Penelitian Nama Ketua Tim Kepakaran Ketua Tim Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan  
1 2 3 4 5 6 7  
1 TS Conservation education with religious values: A literature review Djohar Maknun Ilmu Pendidikan Jajang Aisyul Muzzaki, Ipin Aripin, Wawan Darmawan  
2 TS The Use of 3D-Based E-Handout on Excretory System Material To Improve Students’ Critical Thinking Skills  Kartimi Pendidikan IPA Asep Mulyani, M Marzuki Nining Widiyanti Sukroni,  
3 TS Application of the Environmental Exploration Approach (JAS) Assisted by QR Codes to Increase Scientific Literacy Aspects of Competency and Conservation Attitudes in Plantae Material  Mujib Ubaidillah Pendidikan IPA Dede Cahyati Sahrir Een Darwati, Annisa Oktina Sari Oktina Sari  
4 TS Pembelajaran kontekstual senyawa hidrokarbon melalui konteks peuyeum ketan Indah Rizki Anugrah, Pendidikan Kimia   Safitri Awalliyah  
5 TS Formulasi cookies foodbar bergizi tinggi berbahan tepung daun kelor dan spirulina pangat darurat korban bencana alam sebagai bahan ajar kimia pangan Azmi Azhari, Biokimia   Anggie Hergiani  
6 TS Assistance in the Development of Anti-Bullying Media as an Effort to Internalize the Values of Religious Moderation Bambang Ekanara, Pendidikan Biologi Ilma Riksa Isfiani, Fany Nurbaithy, Rofiatul Zannah  
7 TS Pemahaman sertifikasi halal pada siswa SMA/MA di Jawa Barat, sebuah studi pendahuluan pengembangan bahan ajar berpendekatan literasi halal Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi Evi Roviati, Novianti Muspiroh, Rizki Sukma Wijaya  
8 TS Ekstrak daun jati sebagai pengawet alami jajanan pangan pedagang kaki lima sebagai bahan ajar biokimia Laita Nurjannah, Bioteknologi   Safitri Alawiyah  
11 TS Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman siswa pada materi Sistem Eksresi kelas IX Dede Cahyati Sahrir Pendidikan Biologi   Khoirun Nisa,  
13 TS Pemanfaatan kuda (Equus caballus) sebagai alat transportasi dan simbol upacara pernikahan di desa kalimukti kecamatan pabedilan kabupaten cirebon  Muhimatul Umami Biologi   Chyntia Rahmawati, Naeylatul Ngizah,  
14 TS Perbandingan keterampilan berpikir kritis pada penerapan metode think pair share dengan the power of two berbantuan media youtube Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi Shofwatun Nada Annisa Nur Rohmah,  
15 TS Project-based learning using scrapbook on human respiration system material to improve creative thinking skills Djohar Maknun, Ilmu Pendidikan Yuyun Maryuningsih Sahara Putri Rizky,  
16 TS Increasing students’science literacy through augmented reality (ar) human sense system Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi  Indah Rizki Anugrah Aenurohmah Aenurohmah,  
17 TS Implementation halal product certification through self-declare program for MSEs products in Cirebon Regency Muhimatul Umami, Biologi Shofwatun Nada, Nur Lulu Anisa  
18 TS Analisis keterampilan komunikasi ilmiah pada pembelajaran biologi Djohar Maknun Ilmu Pendidikan Mujib Ubaidillah Cici Mayani  
19 TS Penerapan Model Search, Solve, Create, Share (SSCS) Berorientasi Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Novianti Muspiroh Pendidikan dasar  Mujib Ubaidillah Gita Ayu Setioni,  
20 TS Pengembangan Soal-soal Pilihan Ganda Untuk Mengukur Kemampuan Berargumen Siswa Pada Konsep Sistem Regulasi Manusia Edy Chandra, Pendidikan Islam  Ina Rosdiana Lesmanawati Diana Yulianti,  
24 TS Integration of Imtaq Values in Biological Learning to Increase Student Learning Outcomes in Class XI Blood Circulation System Discussion in MAN Buntet Novianti Muspiroh Pendidikan Novianti Muspiroh A Chabibi Ismail,  
     24 Judul          
1 TS-1 Analysis of Science Generic Skills in Animal Respiration Practicum: Is it Improved Through Guided Inquiry-based Learning? Ria Yulia Gloria, Pendidikan Biologi Dede Cahyati Sahrir Trya Adi Nur Destryani,  
2 TS-1 BioMagz with an Approach to Socio-Scientific Issues as a Learning Resource to Learn Environmental Change Materials to Improve Scientific Literacy Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi Mujib Ubaidillah Aditya Kusuma Dewi,  
3 TS-1 Analysis of Laboratory Carrying Capacity in Supporting Biology Learning in State Madrasah Aliyah Yunita Yunita, Pendidikan Biologi Evi Roviati Merryana Marhanah Oktavianry,  
5 TS-1 Increasing Student Learning Outcomes In Environmental Pollution Learning Material By Utilizing Waste as a Hidden Curriculum Anda Juanda, Pendidikan Biologi Ria Yulia Gloria Sri Nopia,  
6 TS-1 Peran penting kuda (Equus ferus coballus) di kabupaten Kuningan, jawa barat Muhimatul Umami Pendidikan Biologi   Rofiatul Zannah, Hendra Kaliehca Pangestua,  
9 TS-1 Ecoprint as an Ecofashion batik innovation based on local wisdom; Training study with ABCD models approach Novianti Muspiroh, Pendidikan Biologi  Yuyun Maryuningsih, Rizki Sukma Wijaya  
11 TS-1 Pendampingan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Ciwiru di Masa Pandemi COVID-19 Dede Cahyati Sahrir Pendidikan Biologi   Indah Fitria Sari, Brilian Abad Wijaya, Abdul Fatakh  
12 TS-1 Penerapan model guided discovery learning berbantuan argument mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi

https://proceeding.unnes.ac.id/semnasbiologi/article/view/2759

Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi  A Juanda Herawati Herawati,  
13 TS-1 Providing Creative Digital Marketing Through Training and Assistance for Working Age Job Seekers Community in Kuningan Regency Dede Cahyati Sahrir, Pendidikan Biologi   Tanti Aprilianti  
14 TS-1 Application of Practice with Scientife Shortening to Improve Students’ Problem Solving Skills on Human Digestion Material in Class XI Mipa SMAN I Susukan Cirebon

http s://opsearch.us/index.php/us/article/view/2

 

Djohar Maknun, Ilmu Pendidikan Mujib Ubaidillah Siti Mahmudah,  
15 TS-1 Application of the Socio Scientific Issue Strategy to Improve Students’ Scientific Argumentation Skills on The Concept of the Respiration System in Class XI Mipa SMAN 1 Suranenggala Yunita Yunita Pendidikan Biologi Mujib Ubaidillah Siska Siska,  
17 TS-1 The Development of E-Learning Media by Using Eduflow Application Spermatophyta Material Evi Roviati Pendidikan Biologi   Izmanah Fajriatun,  
18 TS-1 Conformity Analysis of HOTS (Higher-order Thinking Skills) Based on Critical Thinking in the Evaluation of High School Biology Learning in the East Cirebon Region Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi Indah Rizki Anugrah Ajeng Mudaningrat,  
22 TS-1 E-modules with Android Appy Pie Based on Socio-Scientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills Kartimi Kartimi, Pendidikan Biologi Dede Cahyati Sahrir Sulistiani Sulistiani,  
23 TS-1 Analisis cakupan lots (lower order thinking skills) dan hots (high order thinking skills) pada evaluasi pembelajaran biologi sma se-wilayah cirebon Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi Indah Rizki Anugrah Ajeng Mudaningrat,  
26 TS-1 Pengaruh penambahan ekstrak kunyit (curcuma domestica val.) pada pakan terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreo chromis niloticus) Muhimatul Umami Pendidikan Biologi   Agnita Prihandini,  
27 TS-1 Karakteristik Morfologi Ikan Gelodok (Periophthalmus chrysospilos) Di Area Hutan Mangrove Mundu, Kabupaten Cirebon Muhimatul Umami Biologi Muhimatul Umami Muhimatul Umami  
28 TS-1 Meta-analisis penerapan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pembelajaran biologi Edy Chandra Pendidikan Islam  Mujib Ubaidillah Euis Komala,  
32 TS-1 Evaluation of the Implementation of Biology Learning On Cell Structure and Function Materials in the Regulatory System At SMA Negeri 1 Mandirancan Anda Juanda Kurikulum Ria Yulia Gloria Fithri Fajriani,  
    32 Judul          
1 TS-2 Analysis of Pedagogical Content of Biology Text Books on Structures and Functions of Animal Tissues for Class XI Edy Chandra Pendidikan Islam Asep Mulyani Rahma Wati,  
2 TS-2 Application of biology learning based on local wisdom Cibulan tourism to improve students’ critical thinking skills Kartimi, Pendidikan IPA Kartimi Kartimi,  Wati  
3 TS-2 Differences in students’ thinking skills in making decisions through online learning based on google classroom applications on ecosystem materials Dewi Cahyani Pendidikan Biologi Dewi Cahyani Nilawati Nilawati,  
4 TS-2 Analysis of Biology Textbook Class X 2013 Curriculum Based on Science Literacy Category Integrated Islamic Values in the Concept of Environmental Change Ria Yulia Gloria Pendidikan Biologi Wahidin Wahidin, Amalia Mahmudah,  
6 TS-2 Pengembangan Media Pembelajaran Protista Dan Fungi Melalui Bot Aplikasi Telegram:(Development of Learning Media for Protists and Fungi through Telegram Application Bot) Evi Roviati Pendidikan Biologi   Nur Chusnul Chotimah Ratna Sari,  
7 TS-2 A four-tier diagnostic instrument: an analysis of elementary student misconceptions in science topic Kartimi Pendidikan Biologi Yunita Yunita, itri Nurzakiah Fuadi, Istiqomah Addiin  
8 TS-2 Pengaruh Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh Dalam Kandungan Air Kelapa Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jahe (Zingiber officinale) dan Tanaman Kencur (Kaempferia galanga L.) Sofwatun Nada Pendidikan Biologi   A Mudaningrat,  
10 TS-2 Pemanfaatan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) sebagai wisata edukasi di Babakan, Sumber, Cirebon Muhimatul Umami Biologi   Juju Juwita,  
11 TS-2 Penggunaan Diagonalisasi Matriks Dalam Pewarisan Genetik Muhamad Ali Misri Matematika Yuyun Maryuningsih Siti Zumrotul Faridah,  
12 TS-2 Systematic literature review: Science self-efficacy in science learning Kartimi Pendidikan IPA Indah Rizki Anugrah, Istiqomah Addiin  
13 TS-2 Studi etnozoologi sejarah penggunaan patung kuda (Equus caballus) sebagai ikon Kota Kuningan, Jawa Barat Muhimatul Umami Biologi   Agnita Prihandini,  
15 TS-2 The Application of Excretion System E-Module to Improve Science Literacy Skills Yuyun Maryuningsih, Pendidikan Biologi Djohar Maknun Friska Chairunnisa,  
16 TS-2 Learning observation: The demands of 21st century biology learning in Senior High School Anda Juanda, Kurikulum  Ria Yulia Gloria, Dindin Nasrudin Aisha Nur Maulida,  
18 TS-2 Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Biologi Siswa SLTP dan SLTA Yunita Yunita, Pendidikan Kimia Djohar Maknun Komala Sari  
19 TS-2 Establishing Students’ Environmental Care Character At The Adiwiyata School In The Framework Of  Education For Sustainable Development (ESD) Edy Chandra Pendidikan Islam Evi Roviati Hilda Putri Sari,  
20 TS-2 Instagram Assisted Portfolio Assessment to Improve Students’ Creative Thinking Skills Kartimi Pendidikan IPA Ria Yulia Gloria Irkhamni Abdillah,  
21 TS-2 Development of the religious values model to improve learning outcomes of the digestive system subject Edy Chandra Pendidikan Islam Asep Mulyani Nurika Nurika,  
22 TS-2 The effectiveness of write-to-learn social-oriented-scientific-issues on students’ critical thinking and argumentation skills  Asep Mulyani, Pendidikan Biologi Edy Chandra Rahma Yuliyani,  
24 TS-2 Teacher’s Competencies in Designing Lessons to Improve Students’ Learning Outcomes Ria Yulia Gloria Pendidikan Biologi Wahidin Wahidin, Indah Faridah,  
26 TS-2 Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Di SMA NU Juntinyuat

 

Anda Juanda Kurikulum Asep Mulyani Reiza Fitri Yulia,  
27 TS-2 Cultivating Ficus carica as a contextual learning approach: redesigning the science curriculum during a pandemic outbreak Anda Juanda Kurikulum   W Utami  
28 TS-2 Meta-Analysis: An integrative approach to islamic values in biology learning.

https://www.researchgate.net/publication/355074075_Meta-Analysis_An_integrative_approach_to_Islamic_values_in_biology_learning

Ria Yulia Gloria Pendidikan Biologi Mujib Ubaidillah Viina Mir’atun Nisa,  
30 TS-2 Application of performance assessment in STEM-based biological learning to improve student’s science process skills

 

Asep Mulyani Pendidikan Biologi   N Farach,  
33 TS-2 The Effectiveness of Addition of Tapioca Flour in Artificial Feed on The Growth of Koi Carp (Cyprinus rubrofuscus)

 

Muhimatul Umami Biologi   Salsabillah Nur Adzkiyah,  
    33 Judul          
1 TS-3 Optimalisasi alih fungsi gulma sebagai antiviral tobacco mosaic virus (TMV) sebagai salah satu upaya  eningkatkan produktivitas usaha tani cabai merah besar (Capsicum annum L.)

 

Shofwatun Nada Pendidikan Biologi   Ajeng Mudaningrat,  
4 TS-3 Penerapan Model Bleended Learning Berbasis Web Blog Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

 

Ina Rosdiana Lesmanawati Biologi Wahidin Wahidin, Fatih Ibnu Batuthoh,  
6 TS-3 Penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issues untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah

 

Yuyun Maryuningsih Pendidikan Biologi Yunita Yunita,  Mujib Ubaidillah Siska Siska, Willy Triani,  
9 TS-3 Rengginang udang khas Cirebon sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pengelolaan lingkungan

 

Muhimatul Umami Pendidikan Biologi   Lulu Ruaidah, M Rizky Hidayat, Susi Nurjannah, K Khotimah,  
10 TS-3 Kerupuk lemi Portunus pelagicus sebagai solusi pengelolaan limbah rajungan di wilayah Cirebon Muhimatul Umami Pendidikan Biologi   Ajeng Mudaningrat, Khoirul Ramdan, Messyfa Salsabila, Siti Aisyah,  
11 TS-3 Implementasi eco-education melalui inovasi ecobrick dalam upaya pengelolaan lingkungan berkelanjutan di Cirebon Muhimatul Umami Pendidikan Biologi   Mirna Wati, Ratu Farhana Zarfa Kusumawarrdhani, Sucizah Nurohmah, Ubaidilah Rifki Haikal,  
12 TS-3 Kajian etnozoologi kecoa batu (Nauphoeta cinerea) dalam upaya konservasi hewan berkelanjutan Muhimatul Umami Pendidikan Biologi   A Atun, Dea Tri Komalasari, Hanifah Noviasari, Siti Nurkholifah,  
14 TS-3 In vitro spermatogenesis of shark minnow fish (Osteochilus hasselti Valenciennes 1842) as a potential fish reproductive biotechnology Muhimatul Umami, Pendidikan Biologi   M Umami, Y Sistina, GE Wijayanti  
    14  Judul Penelitian          
Jumlah Penelitian di PS 3 tahun terakhir : 89
Jumlah rata-rata judul penelitian per tahun/dosen: 29 Judul /21 dosen

 

Scroll to Top