Forum Grup Diskusi Review Kurikulum antar Prodi pada FITK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Forum Grup Diskusi Review Kurikulum antar Prodi pada FITK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

 

Kamis, 26 Juni 2025 bertempat di ruang rapat FITK, sebagai tindak lanjut dari kegiatan workshop updating kurikulum tempo hari di bulan januari 2025 yang menghadirkan narasumber Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I (Wakil Dekan Bidang Akademik FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), FITK UIN Siber Syekh Nurjati melakukan forum grup discussion yang menghadirkan  sekretaris LPM H. Toheri, M.Si. untuk melakukan review atas penyusunan buku kurikulum yang disusun oleh masing-masing jurusan.

 

Pada kesempatan tersebut, Jurusan tadris Biologi melaporkan progress penyusunan kurikulum tadris Biologi telah mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan juga kurikulum Tadris Biologi telah sejalan dengan amanat Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 yang dikenal dengan KPT 2024.

Review internal kurikulum merupakan langkah strategis yang dilakukan oleh Program Studi Tadris Biologi sebagai bagian dari upaya perbaikan berkelanjutan, khususnya dalam menindaklanjuti masukan dari asesor akreditasi, hasil tracer study alumni, dan dinamika kebutuhan dunia kerja. Proses review ini menjadi bagian penting dari siklus penjaminan mutu internal perguruan tinggi sebagaimana diamanatkan dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) 2024, yang menekankan pentingnya kurikulum adaptif, fleksibel, dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta kebutuhan masyarakat. Salah satu masukan dari asesor adalah perlunya penguatan keterkaitan antara capaian pembelajaran lulusan (CPL) dengan profil lulusan yang terintegrasi secara sistematis dalam setiap mata kuliah.

Dalam proses review, prodi melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, alumni, pengguna lulusan, serta mahasiswa aktif melalui forum diskusi terstruktur dan penyebaran kuesioner. Hasil tracer study menunjukkan perlunya peningkatan soft skills, seperti kemampuan komunikasi, kepemimpinan, serta penguasaan teknologi pendidikan berbasis digital, yang kemudian diakomodasi dalam revisi kurikulum. Selain itu, adanya dinamika dalam dunia kerja yang menuntut fleksibilitas, inovasi, dan kemampuan berpikir kritis menjadi pertimbangan penting dalam pengembangan mata kuliah berbasis proyek, integrasi MBKM, serta penyusunan tugas akhir yang lebih kontekstual.

Review internal ini menghasilkan rekomendasi konkret untuk perbaikan struktur kurikulum, pemetaan ulang mata kuliah dengan CPL, serta pengembangan metode pembelajaran dan penilaian berbasis Outcome-Based Education (OBE). Penyesuaian juga dilakukan dengan memperhatikan ketentuan KPT 2024, antara lain penekanan pada pembelajaran transdisipliner, kolaboratif, serta fleksibel melalui pengakuan pembelajaran di luar kampus. Dengan demikian, kurikulum Tadris Biologi ke depan tidak hanya sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi, tetapi juga lebih responsif terhadap tuntutan zaman dan kebutuhan peserta didik dalam menghadapi masa depan yang dinamis.

Jurusan tadris Biologi

smart. scientific and futuristic

 

Scroll to Top