Pendidikan dan Pengajaran

Bahasa Indonesia

2 SKS
Biologi Umum3 SKS
Fisika Dasar3 SKS
Ilmu Pendidikan Islam2 SKS
Kajian Kitab Kuning 10 SKS
Kimia Dasar3 SKS
Matematika Dasar2 SKS
Metode Studi Islam3 SKS
Pendidikan Kewarganegaraan2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur’an (PPTQ) 10 SKS
Studi Al-Quran2 SKS

Anatomi Perkembangan Tumbuhan3 SKS
Bahasa Inggris3 SKS
Biologi Sel Molekuler2 SKS
Kajian Kitab Kuning 20 SKS
Kimia Organik3 SKS
Pancasila2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur’an (PPTQ) 20 SKS
Struktur & Perkembangan Hewan3 SKS
Studi Hadits2 SKS
Teori Belajar & Pembelajaran2 SKS
Ushul Al-Tarbiyah2 SKS

Anatomi Fisiologi Manusia2 SKS
Ethnoscience2 SKS
Evaluasi Pendidikan3 SKS
Evolusi2 SKS
Inovasi Pembelajaran2 SKS
Met. Penelitian Pend. Biologi3 SKS
Micro Teaching2 SKS
Penelitian Tindakan Kelas2 SKS
Pengembangan Penelitian Pendidikan2 SKS
Pengembangan Praktikum Biologi di Sekolah2 SKS
STREAM (STEAM) Education2 SKS
Telaah Kurikulum IPA2 SKS

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan2 SKS
Asesmen Autentik2 SKS
Ecotourism2 SKS
Hortikultur2 SKS
KKN3 SKS
Manajemen Produk Halal2 SKS
Mikrobiologi Terapan2 SKS
Pendidikan Nilai2 SKS
PLP (Magang)4 SKS

Skripsi6 SKS








































Kalender Akademik Tahun 2025/2026

Kalender Akademik Tahun 2024/2025

 

 

Pedoman Kurikulum Tadris Biologi Tahun 2025

Dokumentasi Kegiatan Kuliah Lapangan Jurusan Tadris Biologi

Kuliah Lapangan 2022 (Angkatan 2021 – Semester Ganjil)

   

   

Kuliah Lapangan 2023 (Angkatan 2021 – Semester Genap)

     

     

Kuliah Lapangan 2023 (Angkatan 2022 – Semester Ganjil)

     

     

Kuliah Lapangan 2024 (Angkatan 2022 – Semester Genap)

     

     

Kuliah Lapangan 2024 (Angkatan 2023 – Semester Ganjil)

     

     

REKAPITULASI INTEGRASI PENELITIAN DAN PKM DALAM PEMBELAJARAN

     

No

Nama Dosen

Judul Penelitian atau PkM

Nama Mata Kuliah

Bentuk Integrasi

1

Prof. Dr. H. Anda Juanda, M.Pd.

Application of “Hidden Curriculum” through Utilization of the School Environment on the Concept of Environmental Pollution to Improve Student Learning Outcomes | International Journal of Education and Humanities (i-jeh.com) 

Teori belajar-Pembelajaran

Materi Kuliah

2

Prof. Dr. H. Anda Juanda, M.Pd.

Internalization of Religious Values Using the Argument-Driven Inquiry Model to Improve Critical Thinking Skills during the COVID-19 Pandemic 

Teori belajar-Pembelajaran

Sumber referensi

3

Prof. Dr. H. Anda Juanda, M.Pd.

Kelas Kita based blended learning: biology learning model to improve student activities, attitudes, and achievements 

Teori belajar-Pembelajaran

Sumber referensi

4

Prof. Dr. Hj. Ria Yulia Gloria, M.Pd.

Keterampilan meneliti yang dimiliki mahasiswa prodi pendidikan biologi se-wilayah III Cirebon | Maknun | Jurnal Inovasi Pendidikan IPA (uny.ac.id) 

Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Biologi

Model Pembelajaran, Referensi

5

Prof. Dr. Hj. Ria Yulia Gloria, M.Pd.

Formative assessment with understanding by design to improve students’ habits of mind 

Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Biologi

Model Pembelajaran, Referensi

6

Prof. Dr. Hj. Ria Yulia Gloria, M.Pd.

Analysis of chlorophyll content in six traditional medicinal plants as an alternative food supplement

Fisiologi Tumbuhan

Materi Kuliah

7

Prof. Dr. Kartimi, M.Pd.

Buku Landasan Pendidikan Sains

Landasan Pendidikan Sains

Materi Bahan Ajar Model Pembelajaran

8

Prof. Dr. Kartimi, M.Pd.

Pemberdayaan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21.

Landasan Pendidikan Sains

Materi Bahan Ajar Model Pembelajaran

9

Dr. H. Djohar Maknun, M.Si.

Keterampilan meneliti yang dimiliki mahasiswa prodi pendidikan biologi se-wilayah III Cirebon

Biologi umum

Mini riset, kegiatan praktikum

10

Dr. H. Djohar Maknun, M.Si.

Guided inquiry laboratory to improve research skills of prospective bilogy teachers

Fisiologi Hewan

Mini riset, kegiatan praktikum

11

Dr. Dewi Cahyani, M.Pd., M.M.

Differences in Students’ Thinking Skills in Making Decisions Through Online Learning Based on Google Classroom Applications on Ecosystem Materials 

 Ekologi

Materi Kuliah

12

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Penerapan analogi pada perkuliahan genetika untuk menumbuhkan keterampilan penalaran ilmiah (scientific reasoning)

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

13

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Critical thinking skills of prospective biology teacher on the chromosomal basic of inheritance learning through online discussion forums

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

14

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Developing Gen-21cs on smartphone to cultivate the 21st-century skills on biology teacher candidates

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

15

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

The critical thinking skills of biology teacher candidates toward the ethical issues

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

16

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Profile of information and communication technologies (ICT) skills of prospective teachers

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

17

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Contribution of internet resources to mastery genetic concept on prospective teachers

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

18

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Developing performance assessment instruments to measure 4C skills in online discussion activities of science learning

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

19

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Design Development Research Approach in Developing Gel Electrophoresis Virtual Laboratory to substitute Real Practicum 

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

20

Dr. Yuyun Maryuningsih, S.Si., M.Pd.

Penerapan Laboratorium Virtual Elektroforesis Gel sebagai Pengganti Praktikum Rill Jurnal Phenomenon

Genetika

Media Pembelajaran, Materi kuliah, Model Pembelajaran, konten praktikum

21

Dr. Evi Roviati, S.Si., M.Pd.

Argumentative peer review as an effort to improve scientific writing skills on laboratory reports from home during the pandemic time of Covid-19

 Mikrobiologi

Model Praktikum, Perkuliahan  mini riset argumentasi

22

Dr. Evi Roviati, S.Si., M.Pd.

Argument-based inquiry lab activity on microbiological water analysis for pre-service biology teachers.  

 Mikrobiologi

Model Praktikum, Perkuliahan  mini riset argumentasi

23

Dr. Evi Roviati, S.Si., M.Pd.

Argumentative peer review as an effort to improve scientific writing skills on laboratory reports from home during the pandemic time of Covid-19. 

Protista dan Fungi

Model Praktikum,

24

Dr. Evi Roviati, S.Si., M.Pd.

Argument-based inquiry lab activity on microbiological water analysis for pre-service biology teachers. 

Protista dan Fungi

Perkuliahan mini riset argumentasi

25

Dr. Evi Roviati, S.Si., M.Pd.

Kontribusi Argumentasi Ilmiah dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis.  

Pengembangan penelitian pendidikan

Materi Kuliah, Keterampilan dikembangkan, Model Pembelajaran

26

Dr. Evi Roviati, S.Si., M.Pd.

Analisis Keterampilan Meneliti Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Argumentasi.  

Pengembangan penelitian pendidikan

Materi Kuliah, Keterampilan dikembangkan, Model Pembelajaran

27

Dr. Ina Rosdiana Lesmanawati, M.Si.

Developing The Cirebon City Toponymy-Based Digital Encyclopedia as a Plantae Learning Resource for the Tenth-Grade Senior High School Students

Evolusi

Penugasan Ensiklopedia Toponimi

28

Novianti Muspiroh, MP.

Analisis kemampuan generik sains mahasiswa calon guru biologi pada praktikum anatomi tumbuhan

 Botani

 Materi Bahan Ajar

29

Novianti Muspiroh, MP.

Peran sektor pertanian dalam memenuhi kecukupan pangan nasional

 Botani

 Materi Bahan Ajar

30

Novianti Muspiroh, MP.

Penerapan bahan ajar berorientasi bioentrepreneurship pada pembelajaran biologi konsep spermatophyta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Cikijing

Botani

Mini riset dengan topik etnobotani

31

Asep Mulyani, M.Pd.

Pendampingan  Guru Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Untuk Menghadapi Era Digital Learning

 Multi Media Pembelajaran Biologi

 Materi Kuliah

32

Asep Mulyani, M.Pd.

Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Di SMA NU Juntinyuat 

 Multi Media Pembelajaran Biologi

 Materi Kuliah

33

Asep Mulyani, M.Pd.

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup SMA Kelas X 

 Multi Media Pembelajaran Biologi

 Materi Kuliah

34

Asep Mulyani, M.Pd.

Pengembangan Media Pembelajaran Protista Dan Fungi Melalui Bot Aplikasi Telegram :(Development of Learning  Media for Protists and Fungi through Telegram Application Bot) 

 Multi Media Pembelajaran Biologi

 Materi Kuliah

35

Mujib Ubaidillah, M.Pd.

Berbagai model petunjuk praktikum fisika

 Inovasi Pembelajaran

 Materi

36

Mujib Ubaidillah, M.Pd.

Pengembangan model praktikum fisika berbasis multiple skills untuk meningkatkan keterampilan 4c: communication, collaboration, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation

 Inovasi Pembelajaran

 Materi

37

Mujib Ubaidillah, M.Pd.

Penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issues untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah 

 Inovasi Pembelajaran

 Materi

38

Mujib Ubaidillah, M.Pd.

Students Critical-Creative Thinking Skill: A Multivariate Analysis of Experiments and Gender 

 Inovasi Pembelajaran

 Materi

39

Mujib Ubaidillah, M.Pd.

Multiple skill laboratory activities: How to improve students’ scientific communication and collaboration skills

 Inovasi Pembelajaran

 Materi

40

Mujib Ubaidillah, M.Pd.

Higher order thinking laboratory (HOT Lab)-based physics learning: A systematic literature review

 Inovasi Pembelajaran

 Materi

41

Mujib Ubaidillah, M.Pd.

Development of multiple skill laboratory activity model (mslam): An instrument to improve 21st century skills of student

 Inovasi Pembelajaran

 Materi

42

Dede Cahyati Sahrir, M.Pd.

Analisis Literasi Digital Calon Guru Biologi Pada Perkuliahan Bioteknologi Di Masa Pandemi Covid-19 

 PTK

Materi bahan ajar 

43

Dede Cahyati Sahrir, M.Pd.

The Role of Teachers in Internalizing the Values of Local Wisdom in Madrasah Ibtidaiyah 

 PTK

Materi bahan ajar 

44

Bambang Ekanara, M.Pd.

Pendampingan Guru Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Untuk Menghadapi Era Digital Learning.

Penelitian Tindakan Kelas

Materi Bahan Ajar

45

Bambang Ekanara, M.Pd.

Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 4 Kota Serang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Penelitian Tindakan Kelas

Materi Bahan Ajar

46

Bambang Ekanara, M.Pd.

Metacognition profile on habits of mind in biology learning.

Pengembangan Kurikulum

Materi Bahan Ajar

47

Bambang Ekanara, M.Pd.

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berorientasi pengembangan kecerdasan majemuk siswa pada konsep sel kelas XI SMA

Pengembangan Kurikulum

Materi Bahan Ajar

48

Ilma Riksa Isfiani, M.Pd.

Profil tingkatan habits of mind dan kecemasan kognitif dalam mata pelajaran biologi pada siswa SMA di kota bandung

Belajar dan Pembelajaran

Materi Bahan Ajar

49

Ilma Riksa Isfiani, M.Pd.

Cognitive Anxiety and Habits of Mind: A Study of the Interrelationships with Biology Learning Outcomes

Belajar dan Pembelajaran

Materi Bahan Ajar

50

Idha Ayu Kusumaningrum, M.Pd.

Pembuatan Bioetanol dari kentang Hitam (Solenostemon rotundifolius) secara Hidrolisis Enzimatis. (Seminar Kimia, Universitas Sebelas Maret)

Kimia Organik

Materi Bahan Ajar

                 

              

                  

Scroll to Top